Tips Penting Mudik Lebaran dengan Aman

19 09 2009

Buat yang sudah merencanakan mudik Lebaran, ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik :

Perhatikan kondisi tubuh
Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima, sehingga pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan. Anda bisa beristirahat setiap 4 jam, atau jika mengantuk di perjalanan.

Cek kondisi kendaraan
Pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Dianjurkan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan jauh.  Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda sudah dibawa di kendaraan, seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membawa busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu di jalan. Selain itu, pastikan kotak P3K seperti minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada untuk pertolongan pertama di jalan.

Bawa peta jalur mudik
Anda bisa memilih peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, termasuk dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll. Hal tersebut sangat penting bila terjadi kemacetan di suatu titik. Anda juga bisa mencari nomor darurat yang bisa bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaraan Anda, seperti nomor telpon polisi, Jasa Marga, info jalan tol, dan lain-lain. Cari juga daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, ATM di sepanjang rute perjalanan mudik untuk membantu memperlancar perjalanan mudik Anda.

Bawa makanan dan obat-obatan
Pastikan Anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri, dan diusahakan untuk mengurangi makan makanan di tempat makan tertentu karena dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih. Selain itu, Anda juga bisa membawa air mineral mentah dalam jerigen atau cairan khusus, yang bisa digunakan untuk mengisi radiator atau mencuci tangan setelah selesai ganti ban bocor atau kempes. Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, terutama untuk anak-anak.

Bawa ponsel dan charger
Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Akan lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya handphone dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi ‘blankspot’ atau tidak ada sinyal masih bisa memakai HP satunya lagi.

Bawa uang tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu membawa terlalu banyak, karena dimungkinkan ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Packing muatan dengan benar
Urutkan barang berdasarkan tingkat kebutuhan. Barang yang paling dibutuhkan ditempatkan di atas atau di tempat yang paling mudah dikeluarkan, supaya tidak merepotkan nantinya.

Beri nomor handphone ke tetangga
Memberikan nomor telepon Anda ke tetangga dekat atau RT, dimaksudkan agar Anda bisa dihubungi jika terjadi sesuatu dengan rumah Anda.

Bawa kaset/CD
Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Bawalah koleksi kaset, CD, MP3 atau buku yang bisa menjadi teman setia dalam perjalanan. Atau Anda bisa juga mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan.

Berhati-hati dalam perjalanan
Jika ingin buang air kecil selama perjalanan carilah pompa bensin yang besar pasti ada toiletnya yang cukup bersih, bila kotor, cari lagi berjalan beberapa kilometer untuk menemukan wartel, kantor polisi, pusat pertokoan, losmen, hotel, masjid, dll. Jika Anda berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura maka Anda harus siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi. Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada bus yang menyalip truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan minggir ke kiri. Usahakan untuk tidak ambil resiko dan lebih baik mengalah. Perlu waspada juga, jika terdapat mobil mogok/parkir, lobang, jembatan sempit, atau konvoi truk yang panjang, dll.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: