Windows 7 vs Snow Leopard dalam Test Performa

27 10 2009

exp_imageBaik Microsoft maupun Apple sama-sama berusaha menonjolkan produk barunya masing-masing. Terlebih lagi, keteganggan ini semakin terasa, ketika Windows 7 mulai terjun ke pasaran. Konsumen pun banyak yang dibingungkan dengan rayuan-rayuan mereka. Mau pilih yang mana, Windows 7 atau Snow Leopard ? Sebelum Anda mengetok palu keputusan, ada baiknya beberapa pertimbangan dari Cnet di bawah ini patut disimak.

MackBook Pro sebagai Test-System
Sebagai media pengetesan, Cnet membandingkan Windows 7 dan Mac OS X Snow Leopard dengan piranti yang sama dari MacBook Pro 15 Zoll dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo dengan 2,5 Ghz, 4 GB Harddisk dan sebuah Nvidia GeForce 9600 M GT-Grafikkarte dengan ukuran 512 MB.

Test Start dan Shutdown: Snow Leopard lebih cepat
Kecepatan kerja merupakan salah satu faktor kunci penentu performa kirnerja sebuah komputer. Dalam hal ini, Cnet menemukan, bahwa Snow Leopard lebih mempunyai start dan shutdown lebih cepat dari pada pesaingnya Windows 7. Untuk melakukan start system, sistem operasi Apple ini hanya membutuhkan waktu 36,4 detik yang lebih cepat dari Windows 42,7 detik. Sedangkan untuk shutdown, Snow Leopard hanya butuh waktu 6,6 detik. Ini berarti, bahwa Snow Leopard 2 kali lebih cepat dari pada Windows 7 yang membutuhkan waktu 12,63 detik.

Game Windows Lebih Baik
Meskipun Windows 7 kalah dalam hal kecepatan start dan shutdown, namun kualitas grafis Windows 7 tidak perlu diragukan. Sebagi media testnya dijalankan 2 buah game pada masing-masing Sistem Operasi, yaitu Cinebench R10 dan Call of Duty 4. Cinebench R10 menguji 3D Image Rendering. Di sini, ternyata Windows 7 memperoleh point lebih sebesar 5,777 dari pada konkurensnya Snow Leopard, 5,437 point. Juga pada Call of Duty 4, Windows 7 mampu membuat rate frame lebih tinggi, yaitu 26,3 Frame per detik dari pada sistem operasi Mac OS X 10,6, yaitu sebesar 21,2 Frame per detik.

Baterai Lebih Tahan Lama dengan Mac OS X
Test selanjutnya adalah soal durasi baterai di bawah beban extreme. Cnet menemukan, ternyata Snow Leopard patut diacungi jempol. Dalam kasus extreme, Windows 7 hanya mampu bertahan selama 78 menit. Sedangkan, Snow Leopard mampu bertahan selama 111 menit. Ini merupakan kesenjangan yang cukup besar. Dengan demikian, orang hendaknya tidak menjalankan Windows 7 dengan baterai yang kualitasnya buruk.

Mac atau Windows ?
Mana sekarang yang harus dipilih, Mac atau Windows ? Bagi seorang “gamer”, mungkin Windows 7 adalah pilihan terbaik, karena Windows 7 mampu menghasilkan kualitas 3D Grafik terbaik. Lagi pula, banyak game-game tradisioanl yang masih menggunakan pemrograman berbasis platform Windows. Hal ini memang bukan sesuatu yang mengejutkan. Meskipun demikian, Snow Leopard juga menyumbangkan performansi yang lebih baik daripada Windows 7. Salah satunya adalah kecepatan dalam start dan shutdown. Namun demikian, saya pribadi menyarankan, apapun system operasinya, hendaknya Anda tetap memperhatikan kondisi keuangan Anda, karena baik Mac OS maupun Windows membutuhkan kelegalan dalam penggunaannya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: