TILE-Gx100, Processor 100 Core Pertama di Dunia

29 10 2009

exp_imageManufacturer processor Tilera telah mengumumkan processor 100 core pertama di dunia, dengan desain yang diharapkan dapat menambah performance computing lebih tinggi. Tilera mengatakan bahwa hardware processor TILE-Gx100 terbaru miliknya tersebut 4 kali lebih cepat dibandingkan processor apapun di pasaran dan memiliki performance 10 kali per wattnya. Processor TILE-Gx100 ini benar-benar mendapatkan penghargaan teknologi terbaru, menurut CEO Tilera, Omid Tahernia.

Konsumen dapat mengganti semua board yang menggunakan lusinan atau lebih chip dengan hanya satu processor milik Tilera, TILE-Gx100. Menurut Tahernia, ketika semua chip diganti, maka akan membuat arsitektur motherboard lebih sederhana, mengurangi biaya, mengurangi konsumsi energy, dan menghemat area board PC.

Sementara Intel dan AMD telah membangun sejumlah kecil core yang powerful, desain processor Tilera TILE-Gx100 ini berbasis pada jaringan lebih besar dan power bertenagan rendah untuk membuat setiap chip dapat berbagi resource dengan yang lainnya dan mengurangi power yang dibutuhkan. Dalam sejarah microprocessor, terdapat hal signifikan dalam hal computing, seperti clock speed single core telah tergantikan dengan multicore, menurut Sergis Mushell, anails Gartner.

TILE-Gx100 40nm tersebut akan hadir di pertengahan tahun 2011, dan ditujukan untuk aplikasi menambah performance aplikasi web dan system pencarian.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: