Tips Cegah Mata Lelah di Depan Komputer

3 11 2009

exp_imagePengaturan monitor komputer yang kurang baik dapat menyebabkan kelelahan mata yang berlebih, bahkan bisa mengakibatkan penyakit mata seperti rabun jauh misalnya. Bila sudah terlalu lelah, otot – otot mata akan semakin berkurang kekuatannya dan kemampuan fokus mata akan menurun. Hal tersebut kemudian dapat menyebabkan Anda mengeluh sakit kepala, penglihatan menjadi kabur secara permanen sehingga harus memakai kacamata, atau malah menambah ukuran minus / plus kacamata Anda.

Berikut tips agar monitor terasa nyaman dilihat mata, dengan beberapa pengaturan yang mudah :

OSD (On Screen Display)
Merupakan tombol-tombol pada monitor yang berfungsi untuk melakukan konfigurasi monitor, seperti tingkat kontras, tingkat terang dan gelap (Brightness) dan sebagainya. Gunakanlah pengaturan OSD yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

Bagi pengguna kacamata
Bila Anda merasa lelah menggunakan kacamata, sebaiknya dilepas saja. Kacamata bisa membuat mata lelah, biarkan mata Anda sesekali melihat bebas. Namun, segera kenakan kacamata Anda bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata Anda.

Beri waktu istirahat untuk mata sesering mungkin
Jika Anda berada dalam waktu yang lama di depan monitor, istirahatkan mata Anda setiap 2-3 jam sekali selama 10 hingga 15 menit. Atau Anda juga bisa keluar ruangan, arahkan mata ke tempat yang jauh. Hal ini berguna untuk melenturkan kembali urat mata agar lebih segar. Jangan pernah mengucek mata Anda, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk.

Perhatikan pencahayaan ruangan
Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Hindari menatap cahaya lampu secara langsung. Sebaliknya, jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan cukup terang agarmata tidak bekerja terlalu keras.

Filter glass monitor
Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor. Bila gambar yang tampak semakin buram, atau tidak nyaman bagi mata, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor komputer Anda. Jangan lupa sering membersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.

Posisikan jarak seimbang antara kertas dan monitor
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja Anda, setelah membaca di layar monitor.

Perhatikan posisi monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10 – 15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini dimaksudkan agar membuat mata dan dan menjaga bahu juga leher cukup nyaman ketika menatap komputer dalam waktu lama.

Atur resolusi layar yang tepat
Monitor keluaran terbaru banyak yang memberikan tingkat resolusi yang tinggi sehingga tulisan di layar tampak kecil. Anda sebaiknya menurunkan resolusi layar sehingga kelihatan nyaman dilihat mata, misalkan menggunakan resolusi 1024×768 piksel atau 1152×864 piksel. Pastikan ukuran atau “font” huruf yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca hurup kecil pada monitor.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: