Jaringan GSM Tidak Cukup Aman !

6 01 2010

Benarkan jaringan GSM tidak cukup aman?

Dalam Chaos Communication Congress Conference di Berlin, seorang teknisi dan ahli enkripsi asal Jerman, Karsten Nohl telah mengklaim bahwa dirinya mampu membobol algoritma enkripsi 64-bit A5/1 yang banyak digunakan teknologi GSM di seluruh dunia untuk mengamankan panggilan telepon. Nohl mengungkapkan bahwa teknologi GSM sekarang masih belum matang, karena meninggalkan banyak lubang keamanan yang berpotensi mengakibatkan pengintaian hacker ke ponsel.

Menurut Nohl, algoritma yang dibuat untuk mengamankan atau mengenkripsi GSM tidaklah kuat. Nohl yang juga men-hack jaringan GSM mengklaim bahwa tindakannya merupakan usaha yang berorientasi kepada penelitian, walaupun sempat menuai kemarahan dari GSM Association yang kemudian menuntutnya atas tindakan illegal melalui hukum U.S dan Inggris. GSM Association juga mengklarifikasi bahwa ancaman hacking ke ponsel tidaklah sebahaya seperti yang dikatakan Nohl.

Sementara kebanyakan operator seluler menggunakan algoritma enkripsi 64-bit A5/1. Sedangkan menurut Nohl, algoritma enkripsi 128-bit A5/1 kini seharusnya sudah digunakan karena lebih aman dan kuat. Namun, semuanya tergantung pihak operator, termasuk pertimbangan soal biaya dalam pengamanan jaringan GSM mereka, tambahnya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: