Main Game di Facebook Bikin Produktivitas Berkurang?

6 01 2010

Untuk para pegawai, Facebook, MySpace dan situs jejaring social lainnya dinilai sebagai penghambat produktivitas kerja pegawai, menurut survey perusahaan asal India. Kini tidak hanya hal tersebut yang menjadi satu kehawatiran, karena ternyata game yang tersedia dalam situs jejaring social tersebut juga menjadi kekhawatiran. Genre game jejaring social tersebut disebut game “asynchronous” atau “appointment” dan memperbolehkan user untuk bermain dengan teman mereka tanpa harus online di waktu yang sama.

Game tipe tersebut seperti FarmVille, Cafe World, Restaurant City, Pet Society, dan Happy Aquarium yang banyak dikembangkan oleh perusahaan Zynga, Playfish, Crowdstar dan Slashkey. Game-game tersebut merupakan game yang biasa dimainkan para pegawai selama jam kerja.

Sebelumnya, menurut survey yang dipimpin oleh Associated Chambers of Commerce and Industry asal India yang menemukan sebanyak 12.5 persen produktivitas untuk sector corporate yang semakin menurun setiap harinya karena situs jejaring social. “Apa yang kami lihat disini adalah lebih dan lebih banyak orang juga organisasi menyadari kehilangan produktivitas sehingga membuat kebanyakan CIO (Chief Information Officer) memblokir aplikasi Facebook.” ungkap Rebecca Wettemann dari Nucleus Research.

Nucleus Research yang berbasis di Boston, yang memimpin penelitian produktivitas pegawai karena situs jejaring social ini, mengatakan bahwa hampr separuh pegawai kantor di United States mengakses situs jejaring social ketika jam kerja, sehingga membuat 1.5 persen produktivitas menjadi hilang.

Sementara Facebook dengan 350 juta member, mengatakan setidaknya 20 persen membernya ikut bermain dalam game online tersebut. Sedangkan hal lain disampaikan oleh Psychiatrist Santosh Chaturvedi dari National Institute of Mental Health and Neuro Sciences, Bangalore, yang menyatakan bahwa bermain game adalah seperti beristirahat, tanpa harus mengambil istirahat secara fisik. Bermain game online dapat mengubah mindset dan ketika orang bekerja kembali ke pekerjaannya, maka setelah bermain game sebenarnya dapat menambah konsentrasi dan produktivitas mereka, tambahnya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: